LATIHAN UAS MANAJEMEN PEMASARAN KUI F

  1. 1.        A. Sebutkan dan jelaskan strategi lini produk yang digunakan perusaahan dalam memasarkan suatu produk?
    1. Perluasan Product Mix
    2. Penyempitan Product Mix
    3. Perubahan Produk yang ada
    4. Pengembangan penggunaan baru produk yang ada
    5. Penentuan posisi produk
    6. Trading up dan Trading down
    7. Differensiasi dan Segmentasi Pasar

B. mengapa para penjual memberikan merek pada produk mereka walaupun pemberian merek membutuhkan biaya dan resiko jika produk tidak memuaskan pelanggan? Sebutkan dan jelaskan manfaat pemberian merek!

  • Karena Merk adalah janji penjual kepada pembeli untuk secara konsisten memberikan fitur, manfaat, dan jasa tertentu kepada pembeli.
  • Merk memudahkan penjual menelusuri masalah
  • Merk memberikan penjual kesempatan untuk menarik pelanggan yang setia dan menguntungkan. Kesetiaan merk memberikan penjual perlindungan dari persaingan.
  • Merk membantu penjual melakukan segmentasi pasar. Contoh P&G menawarkan 8 merk detergen untuk segmen yang berbeda.
  • Merk yang kuat membantu membangun citra perusahaan, memudahkan perusahaan meluncurkan merk2 baru yang mudah diterima pada distributor dan pelanggan.
  1. 2.        A. Sebutkan dan jelaskan langkah yang dapat dilakukan perusahaan untuk mengembangkan komunikasi yang efektif!

1)      Mengidentifikasi audiens sasaran

2)      Menentukan tujuan komunikasi

3)      Mendesain pesan

4)      Menentukan saluran komunikasi

5)      Anggaran komunikasi pemasaran

6)      Alat-alat promosi

7)      Faktor-faktor penyusunan bauran promosi

8)      Mengukur hasil promosi

B. sebutkan dan jelaskan faktor-faktor dalam menyusun promotional mix!
Faktor-Faktor Dalam Menyusun Bauran Promosi :

  • Barang Konsumsi

1. Promosi penjualan

2. Periklanan

3. Penjualan Personal

4. Hubungan masyarakat

  • Barang Industri
  1. Penjualan Personal

2. Promosi Penjualan

3. Periklanan

4. Hubungan Masyarakat (Humas)

C. jelaskan perbedaan antara promosi penjualan dengan periklanan!
Perbedaan antara periklanan dengan promosi penjualan adalah bahwa periklanan menawarkan alasan untuk membeli sedangkan promosi penjualan menawarkan insentif untuk membeli.

  1. 3.        A. Jelaskan yang dimaksud dengan jasa!
    Jasa adalah setiap tindakan atau kegiatan yang dapat ditawarkan oleh setiap pihak kepada pihak lain, yang pada dasarnya tidak berwujud dan tidak mengakibatkan kepemilikan apapun

B. Sebutkan dan jelaskan lima penentu kualitas jasa!
Lima penentu mutu jasa (disajikan berturut-turut berdasar tingkat kepentingannya)

  • Keandalan

kemampuan untuk melaksanakan jasa yang disajikan secara terpercaya dan akurat

  • Daya tanggap

kemauan untuk membantu pelanggan dan memberikan jasa dengan cepat

  • Kepastian

pengetahuan dan kesopanan karyawan serta kemampuan mereka untuk menimbulkan kepercayaan dan keyakinan

  • Empati

kesediaan untuk peduli, memberi perhatian pribadi kpd pelanggan

  • Berwujud

Penampilan fasilitas fisik, peralatan, petugas, dan materi komunikasi

C. Sebutkan dan jelaskan strategi yang dapat dilakukan dalam mengelola perusahaan jasa!

  • Pendekatan pemasaran 4p (produk, harga, saluran ditribusi, promosi) sering berhasil untuk barang, tetapi berbagai elemen tambahan perlu diperhatikan dalam bisnis jasa.
    • Booms dan Bitner menyarankan 3P tambahan dalam pemasaran jasa, yaitu orang, bukti fisik, dan proses.
About these ads